Kepala Unit Pelayanan Teknis Pajak Daerah (UPTPD) Jonggol Giat Sosialisasi Penigkatan Pajak Daerah


Kepala Unit Pelayanan Teknis Pajak Daerah (UPTPD) Jonggol Herry Gianantha, S.Sos dan Petugas Lapangan Desa (PLD) menggelar acara Syukuran kantor UPTPD baru disamping Alun-alun Desa Jonggol,Kecamatan Jonggol,Kabupaten Bogor,dan santunan anak yatim serta sosialisasi peningkatan pelayanan pajak daerah wilayah jonggol,Rabu,(21/8/2019).

Dalam acara tersebut hadir para staf UPTPD Jonggol, PLD dari 5 Kecamatan wilayah timur klapanunggal,sukamakmur,tanjungsari,cariu,jonggol, Dalam sambutanya Herry menyampaikan, "Pertama hari ini kita syukuran dan memperkenalkan diri ,saya syukuran untuk kantor baru kita bisa berkomunikasi dengan para Petugas Lapangan Desa (PLD) bisa bekerja sama untuk kemajuan UPT Jonggol khususnya wilayah timur.

Berkaitan dengan pajak daerah karena, saya tidak hanya menyebut PBB saja karena kita PLD ini tugasnya bukan hanya sebatas pemungut PBB tetapi menggali potensi PAD jadi semua jenis pajak daerah,kebetulan dijonggol ini ada 10 jenis pajak yang kami tahu termasuk pajak tambang galian,mudah-mudahan kalau sudah dapat izin, buat kita tidak masalah yang penting potensi wilayah jonggol bisa kita angkat kedepannya,saya juga minta bantuan teman-teman PLD yang saya dengar sangat harmonis, sangat baik, sangat kompak, realisasinya juga baik,"sambutnya.

Saya berharap insyaallah untuk wilayah jonggol bisa mencapai target ke 80% harapan saya kedepannya.
Kepala UPT Jonggol sambil mengenalkan diri ke para PLD dari 5 Kecamatan saya akan bersama-sama PLD di 2019 akhir ini sampai dengan kedepan untuk meningkatkan pajak daerah wilayah jonggol.
Riwayat pekerjaan saya dulu sebagai honor pemdannya dikecamatan cilengsi tahun 1994, ditahun 2000 saya beralih diwilayah klapanunggal sampai 2016, terus ke pajak daerah UPT Cilengsi,tahun 2018 di UPT Gunung putri - Cilengsi,2019 akhir ini dibulan agustus tanggal 14 saya jadi Kepala UPT Jonggol,"lanjutnya.

Jadi Insyaallah saya sudah 3 tahun di UPT Gunung Putri yang sudah bisa membawa perubahan,dan harapan saya juga diwilayah jonggol bisa membawa perubahan untuk realisasi pajak daerah, disini juga saya ingin selalu bekerja sama dengan stakeholder (Pelaku Usaha) yang ada diwilayah Jonggol dari 5 Kecamatan.
Terima Kasih kepada citra indah sudah bisa hadir ,dengan harapan mebawa perubahan ,karena citra indah adalah ikon jonggol,makanya kedepan ikon-ikon jonggol ini kita banyakin wisata-wisata alam,karena yang saya lihat untuk wilayah timur ini banyaknya wisata yang masih kita gali dari wilayah lain seperti sukamakmur dan tanjungsari.

Herry menyampaikan kepada para PLD, Intinya sekarang anggaplah kantor UPT ini adalah kantor PLD karena biar bagaimana-pun saya ingin membuat para PLD juga Staf-staf UPT ini nyaman dalam bekerja,makanya saya berharap dengan PLD, kantor UPT ini bukan kantor kami saja dalam arti (selaku orang BAPPENDA yang ada diwilayah) tapi PLD adalah bagian dari Kami, Apapun ceritanya PLD adalah bagian sari Bappenda dan saya sangat mengapresiasi sepak terjang kerjanya PLD untuk pajak daerah peningkatan pembangunan Kabupaten Bogor.

Kepala Unit Pelayanan Teknis Pajak Daerah atau UPTPD Jonggol Badan Pengelola Pendapatan Daerah Kabupaten Bogor (Bappenda) Kabupaten Bogor, Herry Gianantha mengatakan kepada tribunnews1.com, "Intinya dari acara ini kami ingin coba membuat satu langkah awal untuk UPT jonggol ,saya ingin menunjukan kebersamaan PLD dengan UPT paling tidak untuk realisasi target kedepan
Dan disini juga dikantor baru ini supaya membuat nyaman,aman dan tentram buat masyarakat wilayah jonggol khususnya wilayah di 5 Kecamatan diantaranya : Klapanunggal,Sukamakmur,Tanjungsari,Cariu,Jonggol,sehingga untuk pelayanan lebih bisa efektif lagi untuk meningkatkan PAD wilayah UPT Jonggol (red.),"tandasnya.

Herry melanjutkan,"Lima kecamatan yang targetnya ini kalau saya lihat dari UPT Jonggol ini 60 milyar,nah insyaallah karena dari 60 milyar ini saya lihat masih banyak potensi yang harus kita gali dari pajak daerah, kalau PBB mungkin akan kita sisir lagi masih banyak yang belun berbayar,kedepannya saya akan trapkan program tersendiri dalam arti,ingin mengevalausi dulu dengan PLD, dengan realisasi sampai pertanggal sebentar lagi sudah jatuh tempo,nah ini kita lihat masih sangat rendah baru 24%,harusnya kan dibulan agustus ini sudah 60%,"Ungakp Herry.

Untuk PLD saya berpikir nanti akan punya pola SASADU (Sapoe,Saerte,Dua Lembar) SPPT, saya akan coba kedepan seperti itu untuk penelusuran sampai dengan pola pembayaran mereka,kedepannya kami akan lakukan dengan mobiling jemput bola  tidak lagi,dan saya akan coba terapkan di jonggol ini melakukan apapun pendataan dan kami coba buat Tim efektif akan kami buat disini bersama dengan PLD berkaitan dengan staf-staf UPT yang ada,kami akan perdayakan semaksimal mungkin dengan personil yang ada untuk capaian target kedepannya.
Kedepannya saya akan coba melakukan pendekatan-pendekatan pada stakeholder yang ada diwilayah UPT Jonggol dan bekerjasama dengan 5 Camat yang ada diwilayah Jonggol ini utuk peningkatan kedepannya seperti apa,karena tanpa ada kerjasama dengan kecamatan dan desa juga PLD apalah arti UPT,"Pungkasnya.(Awan).