Rasa solidaritas Masyarakat Haurkuning RW. 03, Desa Jonggol, Kecamatan Jonggol, masih melekar dalam  giat Gotong Royong  (Gorol).
Gotong royong ini adalah salah satu budanya bangsa yang membuat Negara Indonesia dipuji dan  dihormati oleh bangsa lain karena budaya-budayanya yang sangat unik dan penuh toleransi antar sesama manusia.

 Ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat Indonesia bisa bersatu dari Sabang hingga Merauke, Seperti didaerah Jawa Barat  daerah bogor timur khususnya warga masyarakat haurkuning jonggol yang sejak dulu kebudayaan Gotong Royong ini dikenal dengan sebutan GOROL.
Masyarakat bergotong royong bahu-membahu membangun Majlis Ta'lim.



Gorol yang hampir punah ini ternyata masih melekat jika ada penggerak dan masyarakat merasa terpanggil hatinya untuk ikut bantu membantu (Gorol),
Gorol sendiri didaerah ini merupakan istilah Indonesia untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu hasil yang didambakan. Istilah ini berasal dari Gotong Royong, gotong berarti “bekerja”, dan royong berarti “bersama”, Bekerja sama saling bahu membahu yang didasari dengan ikhlas/suka rela (Tanpa imbalan).

Dengan menyadari dari makna yang sesungguhnya gotong royong ini semestinya nilai gotong royong terus melekat dalam kehidupan masyarakat indonesia, berbangsa dan bernegara selama Indonesia masih berdiri sebagai satu negara. Padahal gotong royong ini bukanlah sekedar mencakup kegiatan sosiologis dan sikap etis dalam masyarakat, tapi juga mempunyai nilai aspek ideologis,” Ciri khas bangsa Indonesia salah staunya adalah gotong royong.

 Kita mengetahui bahwa modernisasi dan globalisasi melahirkan corak kehidupan yang sangat kompleks, hal ini seharusnya jangan sampai membuat bangsa Indonesia kehilangan dengan kepribadiannya sebagai bangsa yang kaya akan unsur budaya. Akan tetapi dengan semakin derasnya arus globalisasi mau tidak mau kepribadian tersebut akan terpengaruh oleh kebudayaan asaing yang lebih mementingkan diri sendiri,individualisme.
Sesungguhnya budaya gotong-royong merupakan kekuatan besar budaya masyarakat yang perlu dikembangkan terus di negeri ini”.